Jakarta –  Ingin berinvestasi di properti, tetapi tidak tahu cara memulainya? Sebelum itu, ada beberapa faktor penting yang perlu Anda pertimbangkan ketika ingin berinvestasi di properti.

Jika faktor-faktor ini dipertimbangkan akan membantu meningkatkan modal dan pendapatan sewa dari properti yang diinvestasikan tersebut.

Jadi, perhatikan baik-baik hal yang harus dipertimbangkan ketika berinvestasi di properti. Berikut uraiannya, seperti dikutip dari Laruno.id:

1. Lokasi 

Lokasi adalah hal utama. Jika Anda mampu memilih lokasi properti dengan benar, ini kian dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan hasil investasi yang lebih tinggi.

Beberapa faktor yang sangat signifikan dipertimbangkan ketika memilih properti adalah:

a. Dekat dengan fasilitas dasar dan penting, seperti sekolah, kantor, tempat kerja. Kemudian fasilitas umum, seperti kantor pos, taman, bantuan medis, dan lain-lain.  Hal lain terkait konektivitas dan fasilitas transportasi di dalam dan di sekitar lokasi.

b. Amenities, seperti toko, pasar atau mall, bank, rekreasi, dan kegiatan gaya hidup (seperti restoran, kedai, kafe, dan lain-lain).

Kedekatan dengan fasilitas tertentu sangat penting dalam meningkatkan nilai suatu lokasi properti. Jadi, lokasi adalah faktor pertama dan terpenting yang perlu dipertimbangkan ketika Anda berinvestasi di properti.

2. Cari Properti yang Diminati

Carilah properti yang Anda nilai dapat memikat permintaan, baik dari orang-orang yang ingin menyewa atau membelinya. Lakukan penelitian yang baik untuk mengetahui demografi daerah tersebut.

Jika properti sedang dalam pengembangan, maka rekam jejak pengembang penting diperhatikan untuk mengetahui kualitas properti dan prospek masa depannya.

Ini juga dapat membantu Anda untuk memahami tentang apakah pembangunan properti akan selesai tepat waktu, serta kemampuan pembiayaan pengembang.

Properti dengan permintaan potensial adalah faktor penting kedua yang perlu dipertimbangkan ketika berinvestasi di properti.

3. Imbal Hasil

Jangan pernah membuat kesalahan saat memilih properti. Pembelian yang tidak sesuai dapat membuat modal Anda sulit kembali atau memperoleh pendapatan sewa yang kecil.

Sebab itu, merupakan aspek yang sangat penting untuk terlebih dulu melakukan penelitian baru kemudian menentukan strategi saat berinvestasi properti.

Jangan melakukan pembelian dengan tergesa-gesa. Sebab pengembalian modal adalah faktor penting yang harus dipertimbangkan ketika berinvestasi di properti.

4. Keuntungan

Kunci keberhasilan berbisnis properti adalah kesinambungan permintaan dan pasokan. Harga properti pasti akan meningkat seiring pertumbuhan permintaan dan pasokan rumah. Kondisi ini pun bisa meningkatkan keuntungan saat investasi properti.

Jadi pada intinya, tentang seberapa baik Anda mengelola risiko untuk memilih properti terbaik sebagai pilihan investasi.